Tkamu Kamu Sedang Stres Bisa Terlihat dari Kondisi Rambut, Lho!

Di era new normal seperti sekarang ini, seluruh aktivitas sudah kembali berjalan seperti semula. Padatnya aktivitas sehari-hari beresiko meningkatkan stress kamu. Kondisi ini tidak bisa dianggap sepele, karena berawal dari stres dapat menyebabkan kemunculan berbagai gangguan kesehatan. Salah satunya adalah kesehatan rambut dan kulit kepala.


Kerontokan akibat stres


Ketika kita sedang mengalami stres, kerontokan dapat terjadi karena disebabkan oleh kelenjar adrenal yang menghasilkan kortisol dan memberikan sinyal ke folikel rambut untuk ‘bergeser’ dari fase pertumbuhan, menjadi katagen atau fase transisi hingga akhirnya terjadi kerontokan. Apabila kamu sedang mengalami ini dalam jumlah yang banyak, maka kamu harus berhati-hari karena jika seseorang kehilangan 150 helai rambut per hari atau kerontokan terjadi secara signifikan maka dapat berujung kebotakan. 


Kondisi rambut yang mengalami kerontokan akibat stres juga disebut dengan telogen efluvium. Yaitu proses folikel rambut yang masuk ke dalam fase istirahat sehingga menghambat pertumbuhan dan rontok secara mendadak. Kerontokan akibat stres dapat berasal dari pikiran, sakit, atau kekurangan nutrisi. Biasanya kerontokan akibat stres akan dialami setelah 3 bulan sejak stres sehingga banyak yang tidak menyadari bahwa kerontokan yang mereka alami adalah dari faktor stres. 


Kerontokan rambut dari faktor stres juga terjadi secara merata dan dapat berakhir kebotakan. Selama mengalami kerontokan rambut, mungkin terasa lebih tipis atau sedikit dan bisa dilihat secara signifikan saat mandi atau bantal tidur. Pada umumnya, pertumbuhan rambut setelah rontok akibat stres bisa berlangsung setelah 6 bulan proses kerontokan dan mulai kembali bertumbuh secara perlahan. 


Cara mengatasi rambut rontok akibat stres


Bagi kamu yang sedang mengalami kerontokan akibat stres, jangan khawatir dan coba ikuti beberapa rekomendasi cara mengatasinya di bawah ini!


Kenali penyebabnya 
 

Sebelum melakukan penyembuhan yang tepat, maka kamu harus mengetahui terlebih dahulu apa yang menyebabkan kerontokan rambut. Apabila dari stres, ketahui kegiatan apa yang menyebabkan stres dan bagaimana cara mengatasi stres tersebut. Prioritaskan untuk menyelesaikan masalah dari yang paling penting secara satu per satu. 


Istirahat yang cukup dan penuhi kebutuhan nutrisi 

Kelelahan merupakan salah satu penyebab stres. Maka dari itu, pastikan kamu memiliki waktu yang cukup untuk beristirahat. Hindari tidur larut malam atau bergadang karena dapat menghambat pertumbuhan rambut. Kemudian lengkapi dengan memenuhi kebutuhan nutrisi kamu untuk merangsang pertumbuhan rambut.


Perawatan rambut yang tepat

Untuk mendukung dan merangsang pertumbuhan rambut akibat kerontokan dari stres, mengatur gaya hidup saja tidak cukup, kamu juga harus melakukan perawatan rambut yang tepat. ERHA Ultimate Hair Care hadir sebagai solusi kamu mengatasi masalah kerontokan rambut!


Atasi kerontokan rambut akibat stres dengan ERHA Ultimate Hair Care Anti-Stress Hair Fall Program


Program ini didedikasikan untuk kamu yang memiliki masalah seputar kerontokan rambut akibat stres. Program ini berfokus untuk mengurangi kerontokan rambut dan membantu mempercepat pertumbuhan rambut baru. Terdapat beberapa treatment yang bisa kamu pilih seperti Sayonara Hair Fall Treatment dan RLT*. Program ini merupakan personalized program atau dapat dirancang khusus sesuai kebutuhan rambut dan budget kamu. Terdapat 3 plan yang dapat kamu pilih:

Advanced Plan, kamu akan mendapatkan konsultasi gratis dengan dokter, lebih dari satu jenis treatment, dan rangkaian produk.
Basic Plan, kamu akan mendapatkan konsultasi gratis dengan dokter, satu jenis treatment, dan rangkaian produk.
Product Plan, kamu akan mendapatkan konsultasi gratis dengan dokter, rangkaian produk.

Segera konsultasikan dengan dokter atau hair expert terpercaya di ERHA Ultimate Hair Care untuk berbagai masalah rambut disini atau langsung kunjungi klinik terdekat! Klik disini untuk info lebih lanjut mengenai program ERHA Ultimate Hair Care lainnya.

Tag Artikel:

RELATED ARTICLES

5 Kebiasaan Buruk yang Bikin Rambut Tipis

Ini Rahasia Paling Ampuh Atasi Kebotakan