5 Kebiasaan Buruk yang Bikin Rambut Tipis

Rambut tipis dapat diakibatkan oleh berbagai faktor, seperti bertambahnya usia, kurangnya nutrisi, faktor genetik, atau tidak cocok dengan produk tertentu yang sedang dipakai. Rambut yang terus menipis dapat menurunkan kepercayaan diri seseorang, karena jarak antar helai rambut tampak renggang sehingga kulit kepala terlihat lebih jelas. Hati-hati, apabila tidak dirawat dengan baik maka rambut yang semakin menipis dapat berakhir menjadi kebotakan. 


Kebiasaan Buruk yang Menyebabkan Rambut Tipis


Tidak hanya faktor dari dalam tubuh seperti faktor genetik, atau kurangnya nutrisi, rambut tipis juga dapat disebabkan oleh faktor kebiasaan buruk yang dilakukan sehari-hari. Beberapa diantaranya adalah:


Hair Styling yang berlebihan

Untuk meningkatkan penampilan, hair styling menjadi salah satu hal yang wajib dilakukan. Pada prosesnya seringkali menggunakan alat panas seperti catokan untuk menciptakan bentuk yang diinginkan. Cat rambut juga merupakan salah satu hal yang paling populer dilakukan untuk menunjukkan kepribadian dengan warna-warna cantik yang dapat bertahan selama 1 - 2 bulan. Namun, bahan kimia yang ada di dalam kandungan cat rambut juga dapat merusak rambut. Alhasil, rambut menjadi lebih kasar dan rontok, kemudian menipis. Maka dari itu, ketika kamu melakukan hair styling dengan frekuensi yang tinggi, perawatan rambut juga harus ditingkatkan untuk menjaga rambut tetap sehat dan tebal. 


Kebiasaan menarik rambut 

Ketika seseorang mengalami stres, ada beberapa kebiasaan buruk yang secara tidak sadar dilakukan. Salah satunya adalah menarik rambut. Ketika memiliki kebiasaan ini saat mengalami stres, maka rambut akan menjadi lebih cepat tipis. Selain itu, mengikat rambut terlalu kencang juga dapat beresiko membuat rambut lebih tipis.


Terlalu banyak pakai shampo

Banyak yang beranggapan bahwa dengan menggunakan shampo yang lebih banyak, maka akan membuat rambut menjadi lebih bersih. Padahal, memakai shampo terlalu banyak dapat mengakibatkan rambutmu menjadi kering dan rapuh sehingga dapat mengakibatkan rambut tipis. Maka dari itu, lakukan keramas secukup nya 2-3 hari sekali, untuk menjaga folikel rambut kamu tetap aman. Gunakan juga shampo dan conditioner yang sesuai dengan tipe dan kebutuhan  rambut untuk mencegah rambut tipis.


Menyisir rambut setelah keramas

Untuk kamu yang sering menyisir rambut setelah keramas, lebih baik di stop ya apabila ingin mencegah rambut tipis. Kebiasaan ini dapat mengakibatkan rambut tipis karena kondisi rambut masih rapuh ketika basah. Setelah keramas, sebaiknya kamu keringkan terlebih dahulu dengan angin biasa, baru rapihkan rambut dengan disisir. Jangan lupa menyisir rambut mulai dari bawah ke atas, untuk menghindari rambut patah, dan gunakan sisir bergigi jarang untuk mengurai rambut.


Mencabut uban 
 

Uban merupakan rambut putih yang biasanya muncul akibat stress atau bertambahnya usia. Kebanyakan orang merasa risih atas keberadaan uban karena mengganggu penampilan. Maka dari itu, mencabut uban merupakan suatu hal yang sering ditemui di sekitar kita. Kebiasaan mencabut uban ini harus dihilangkan. Pasalnya ketika kamu mencabut rambut dari akarnya maka akan merusak lemak rambut, tidak terkecuali uban. Ketika dilakukan berulang kali, maka folikel rambut bisa menjadi lebih tipis. 

 

Rekomendasi cara mencegah rambut tipis


Sejatinya perawatan rambut yang paling tepat adalah perawatan yang sesuai dengan masalah rambut yang sedang dialami. Untuk mengetahui lebih baik mengenai masalah rambut yang sedang dihadapi, konsultasikan dengan dokter atau ahli rambut yang dapat memberikan informasi seputar masalah rambut dan solusi yang bisa kamu lakukan. Dengan melakukan ini, kamu tidak perlu mencoba berbagai produk perawatan rambut untuk menghindari resiko salah produk dan masalah rambut dapat diatasi lebih baik. 


Atasi Masalah Rambut Tipis dengan Program Love is in the Hair di ERHA Ultimate Hair Care


Bagi kamu yang masih ragu untuk melakukan konsultasi dengan ahli rambut karena belum mengetahui dokter yang terpercaya, yuk konsultasikan masalah rambut kamu di ERHA Ultimate Hair Care! Sebagai brand yang berfokus untuk menjadi solusi berbagai masalah rambut, ERHA Ultimate Hair Care menghadirkan sejumlah program yang dirancang khusus oleh hair expert terpercaya, aman, dan dapat kamu sesuaikan dengan budget yang diinginkan.


Program Love is in the Hair merupakan solusi klinis untuk mengatasi masalah kerontokan rambut yang disebabkan oleh hormon atau non hormon seperti pola hidup yang tidak sehat, hair styling yang berlebihan atau faktor penuaan. Jangan khawatir, program dapat dipersonalisasikan sesuai dengan kebutuhan rambut dan budget yang kamu miliki. Terdapat 3 plan yang bisa kamu pilih, diantaranya:


Product Plan, yaitu menutrisi rambut agar terhindar dari kebotakan. kamu akan mendapatkan konsultasi gratis dengan dokter/dermatologis dan rangkaian produk.
Basic plan, yaitu membantu mempercepat pertumbuhan rambut baru. kamu akan mendapatkan konsultasi gratis dengan dokter/dermatologis, perawatan satu jenis hair growth treatment dan mendapatkan rangkaian produk.
Advance plan, yaitu menstimulasi pertumbuhan rambut baru sehingga dapat mengatasi kebotakan. kamu akan mendapatkan konsultasi gratis dengan dokter atau dermatologis, perawatan lebih dari satu jenis hair growth treatment, dan mendapatkan rangkaian produk.

Berikut adalah seputar informasi mengenai kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan rambut tipis. Konsultasikan dengan dokter atau hair expert terpercaya di ERHA Ultimate Hair Care untuk berbagai masalah rambut disini atau langsung kunjungi klinik terdekat! Klik disini untuk info lebih lanjut mengenai program ERHA Ultimate Hair Care lainnya. 

Tag Artikel:

RELATED ARTICLES

Ini Rahasia Paling Ampuh Atasi Kebotakan